Senin, 03 Januari 2011

Rawa Singkil Terus Dirambah

Mon, Dec 27th 2010, 11:22

SINGKIL – Kawasan ekosistem suaka marga satwa Rawa Singkil, dilaporkan masih terus dirambah oleh oknum tertentu. Hal itu disebabkan tidak maksimalnya pengawasan, serta Pemkab Aceh Singkil, belum memberikan solusi lapangan kerja baru, bagi warga yang selama ini menggantungkan hidupnya dari hasil alam Rawa Singkil.

Zulqodri, Ketua Pemuda Pencinta Alam (PePAl) Aceh Singkil, pada Serambi Minggu (26/12) mengatakan, warga bisa bebas keluar masuk kawasan yang seharusnya merupakan wilayah terlarang dari jamahan manusia. Pada umumnya warga masuk ke Rawa Singkil, mengambil ikan lele, namun diduga tidak sedikit yang nekat mengambil kayu untuk diolah.

Menurut Zulqadri, perbuatan yang dilakukan masyarakat tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Karena, sebut Zulqadri, kalau mereka tidak mencari penghidupan dari lokasi Rawa Singkil, tidak ada lagi tempat usaha. Untuk itu sebutnya, pemerintah harus mencari alternatif dengan membuka lapangan kerja baru bagi warga yang selama ini menggantungkan hidupnya dari kawasan suaka marga satwa Rawa Singkil. “Pemerintah sampai saat ini belum membuka alternatif lapangan usaha baru untuk masyarakat yang masuk kawasan,” kata Zulqadri.

Dikatakan, secara umum kawasan Rawa Singkil, terlihat indah namun bila masuk ke dalam terlihat banyak yang sudah tidak asri lagi. Banyak pohon-pohon besar tempat tinggal orang utan sudah habis ditebang. Begitu juga bekas-bekas aktivitas manusia mudah ditemukan, seperti pondok dan bekas pengolahan kayu.(c39)

sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar