Senin, 03 Januari 2011

Abrasi Pantai Gosong Semakin Parah

Mon, Dec 27th 2010, 12:00

SINGKIL – Abrasi yang mengikis kawasan Pantai Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil, kini semakin parah. Dari sekitar 10 Km panjang bibir pantai di kawasan itu, 500 meter diantaranya sudah habis tergerus ombak.

Abrasi tersebut mengancam pemukiman penduduk Gosong Telaga Barat, Timur dan Gosong Telaga Selatan, Ketapang Indah, serta Pancang Dua, yang di beberapa titik sudah semakin dekat dengan bibir pantai. Di Gosong Telaga, kondisisnya sangat mengkhawatirkan, pasalnya abrasi terus mengikis hamparan pasir pemisah antara laut dengan sungai Suak Bahagia, yang membelah perkampungan tersebut.

“Yang kita khawatirkan kalau sempat sungai menyatu dengan laut, bisa habis kampung kami,” kata M Ishak (28), warga Gosong Telaga, Minggu (26/12) kemarin.

Ditambahkannya, abrasi diduga terjadi karena ulah penebangan pohon di kawasan hutan Anak Laut yang selama ini menjadi penyangga ombak besar menerjang langsung bibir pantai Gosong. Penyebab lain, belum semua bibir pantai ditanami pohon penyangga ombak, serta tanggul penahan abrasi.

Warga juga melaporkan, kawasan di sekitar Jetty Anak Laut Singkil, makin parah terkikis abrasi. Salah satunya jalan sepanjang 200 meter dengan lebar sekitar 15 meter yang biasa dipergunakan warga setempat kini telah habis termakan abrasi.

Warga berharap Pemkab Aceh Singkil, melakukan penghijauan di sekitar bibir pantai tersebut, guna mencegah makin meluasnya abrasi pantai. Selain reboisasi, pembuatan tanggul pengaman pantai juga diperlukan di beberapa titik yang cukup rawan.(c39)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar