Rabu, 02 Februari 2011

Baru Selesai Dibangun, Abutmen Jembatan Lae Sikabu Ambruk

Fri, Jan 14th 2011, 09:01

SINGKIL - Baru selesai dibangun pada Desember 2010 lalu, tanggul pengaman abutmen jembatan Lae Sikabu, di Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil, kini telah ambruk. Diduga ambruknya jembatan tersebut karena pengerjaannya dilakukan secara terburu-buru lantaran dikejar waktu.

Nizam pengawas pembangunan jembatan Lae Sikabu, Kamis (13/1) mengakui pembangunan abutmen jembatan tersebut terburu-buru. Namun, Nizam menyebutkan, ambruknya pengaman abutmen jembatan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,16 miliar itu karena diterjang banjir. Kemudian pembangunan tanggul pengaman dilakukan sebelum penimbunan. “Ambruknya tanggul pengaman karena dikerjakan terburu-buru, serta dihantam banjir,” kata Nizam sambil menunjukan foto jembatan Lae Sikabu ketika terendam banjir.

Abutmen jembatan yang menjadi satu-satunya penghubung Desa Tanjung Mas, Cibubukan dan Desa Serasah dengan wilayah lainnya itu, kini sedang diperbaiki oleh beberapa pekerja yang diawasi Nizam. Sementara itu Razali tokoh masyarakat setempat mengatakan, pengerjaan pembangunan jembatan tersebut dibeberapa bagian tidak dilakukan secara baik sehingga dikhawatirkan tidak tahan lama. Apalagi setiap musim penghujan banjir selalu terjadi.

Ia mencontohkan beton penyangga jembatan ditambal-tambal untuk menutupi yang retak. Termasuk pembangunan tanggul pengaman abutmen yang ambruk posisinya diratakan, padahal, menurutnya, harus memiliki ketinggian berbeda dengan sisi lainnya.(c39)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar