Minggu, 13 Maret 2011

Aceh Singkil Cetak 350 Ha Sawah Baru

Sun, Jan 30th 2011, 14:35

SINGKIL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil, melalui Dinas Pertanian setempat tahun ini akan mencetak 350 hektare sawah baru. Menyusul keberhasilan membuka ratusan hektar lahan telantar menjadi sawah pada tahun sebelumnya melalui program optimasi lahan yang dibiayai dana Otsus APBN dengan sistem padat karya.

Kepala Dinas Pertanian, Aceh Singkil, Asmauddin yang dihubungi Serambi Minggu (30/1) mengatakan, selain membuka sawah baru, pihaknya juga akan mengembangkan sektor pertanian lainnya berupa penanaman jagung seluas 150 Ha. “Untuk membuka sawah akan dibantu biayanya mulai dari membuka lahan hingga panen Rp 5 juta per hektare, sedangkan jagung hanya saprodi, membuka lahan biaya sendiri,”kata Asmauddin.

Menurut Asmaudin, total persawahan yang ada di Aceh Singkil saat ini mencapai 1.650 Ha. Seluas 650 Ha merupakan lahan terlantar yang sudah dimanfaatkan menjadi sawah melalui program optimasi lahan dan seribu hektare sawah reguler yang sudah digarap petani dengan bantuan benih oleh pemerintah. Namun dari luas sawah yang sudah ada belum bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan karena fakta di lapangan masih banyak petani yang mau menggarap kalau ada bantuan saja.

Disebutkan, pembukaan sawah baru untuk tahun 2011 ini melalui mekanisme ketat. Akan diberikan kepada petani yang benar-benar ingin bertani, bukan sekedar memanfaatkan bantuan pemerintah. Dengan lokasi, di Kecamatan Suro, Simpang Kanan, Danau Paris, Singkil, Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat.(c39)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar