Rabu, 04 Mei 2011

Gelombang Pasang Landa Laut Singkil

Tue, Mar 22nd 2011, 08:49

SINGKIL - Selama pekan ketiga Marat ini, gelombang pasang atau dalam bahasa setempat disebut geloro melanda wilayah perairan Aceh Singkil. Di beberapa lokasi air laut juga naik ke darat, pengaruh pasang purnama. Akibatnya nelayan tidak bisa melaut, lantaran perahu mereka tidak sanggup menahan ombak di atas satu meter.

Irwan nelayan Pulau Banyak, pada Serambi, Senin (21/3) menyebutkan, aktivitas melaut dalam beberapa hari ini tidak bisa dilakukan karena besarnya ombak. Nelayan lebih memilih tinggal di rumah. “Laut lagi musim geloro sehingga, tidak bisa mencari ikan. Air pasang sudah naik, tapi belum terlalu besar, mungkin dalam dua tiga hari ke depan akan besar,” kata Irwan.

Kecuali itu, besarnya ombak sejauh ini, tidak mengganggu rute pelayaran yang dilayani angkutan sungai danau dan penyebrangan (ASDP) Cabang Sinabang, yang berkantor di Pelabuhan Ferry Singkil. Damin Moningka Plh Manejer ASDP Cabang Sinabang mengatakan, ombak masih diambang normal, sehingga tidak berpengaruh pada operasional kapal. Jadwal pelayaran yang dilayani pihaknya juga tidak ada yang terlambat. “Berdasarkan informasi dari BMKG ombak masih diambang normal, tidak terpengaruh pada operasional kapal,” kata Damin.

Damin menyebutkan, ombak besar terjadi di perairan Pantai Timur. Sementara perairan Pantai Barat yang dilayani ASDP Cabang Sinabang normal paling tinggi satu meter dan itu tidak mengganggu pelayaran ferry. ASDP Cabang Sinabang melayani pelayaran pulang pergi (PP), Sinbang-Singkil, Singkil-Pulau Banyak, Singkil-Gunung Sitoli dan Sinabang-Labuhan Haji.(c39)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar