Jumat, 08 April 2011

Warga Kampung Baru Datangi PT PLB

Mon, Feb 28th 2011, 08:28

SINGKIL - Puluhan warga Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil, Minggu (27/2) mendatangi PT Perkebunan Lembah Bakti (PLB) yang tidak jauh dari kampung mereka. Hal itu dipicu ulah oknum centeng perusahan yang menelanjangi tiga bocah warga setempat, Sabtu sore sehari sebelumnya yang tertangkap sedang mengambil berondolan sawit.

Warga dengan pengawalan aparat kepolisian bergerombol di pintu masuk PT PLB. Mereka datang menuntut pihak perusahan bertanggung jawab atas kasus penelanjangan tiga bocah oleh centeng kebun tersebut. Sebelumnya dilaporkan warga sempat menghakimi pelaku. Ketiga anak yang ditelanjangi tersebut antara lain, Amal (13), Firman (16) dan Eman (14).

Pada awalnya warga sempat beringas ingin merubuhkan pos penjagaan perusahan, lantaran pihak PT PLB yang sebelumnya mengajak bertemu tidak juga datang. Beruntung niat itu dapat dilerai oleh Keuchik Kampung Baru, Irwansyah. Dan tidak lama kemudian datang aparat kepolisian menenangkan massa. Semuanya ada enam anak yang ditangkap karena diduga mencuri sawit. Namun tiga anak lainnya yakni, Rahman (12), Anhar (12) dan Eko (12), menolak ditelanjangi, sehingga mendapat hukuman baris berbaris dari sang centeng.

Rahman (13) salah seorang anak yang tertangkap centeng PT PLB dihadapan masyarkat dan aparat kepolisian mengatakan, mereka dipaksa membuka pakaian namun ia dan dua kawanya menolak. Sementara temannya yang lain Amal, Firman dan Eman menurut perintah sang centeng. Menjelang malam, warga yang tak terima perlakuan centeng langsung mendatangi pelaku dan sempat terjadi pemukulan, walau akhirnya berhasil dilerai. “Kami diajak ketemu perusahan untuk menyelesaikan masalah, tapi ditunggu tak juga datang maka masyarakat marah,” kata Irwansyah.

Kemarahan warga mereda setelah Kasat Reskrim Polres Aceh Singkil, Iptu Benny Cahyady, bersama Kapolsek Singkil Utara Ipda M Ismail dan KBO Reskrim Ipda Kristanto Situmeang serta sejumlah aparat lainya memfasilitasi pertemuan masyarakat dengan perusahan yang diwakili D Syaputra Humas PT LPB. Dalam pertemuan itu disepakati penyelesaian itu, secara damai Senin (28/2) hari ini di Mapolsek Singkil Utara.(c39)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar