Rabu, 06 April 2011

Aceh Singkil Krisis Air Bersih

Sun, Feb 20th 2011, 11:22

SINGKIL - Kemarau yang melanda Aceh Singkil hampir sebulan belakangan, menyebabkan sejumlah wilayah di daerah ini mengalami kerisis air bersih. Sumur sebagai sumber utama memenuhi kebutuhan air dilaporkan banyak yang keringan.

Sumur warga kekeringan antara lain terjadi di Desa Suka Damai dan Pemuka, Singkil Utara. Untuk memenuhi kebuhan air penduduk di dua desa itu terpaksa harus dipasok dengan mobil tangki PDAM Tirta Singkil. Wadah air seperti, jerigen, ember serta drum terlihat berderet di pinggir jalan untuk diisi mobil tangki.

Begitu halnya dengan warga Pancang Dua, terpaksa harus menggunakan air rawa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kekurangan air juga dirasakan penduduk Kecamatan Singkil, Gunung Meriah, Suro dan kecamatan lainnya. Warga Suro, memanfaatkan aliran sungai dalam memenuhi kebutuhan air. “Mandi dan masak terpaksa menggunakan air rawa yang ada di dekat rumah, karena sumur sudah kering,” kata Ruslan Ketua Pemuda Pancang Dua.

Penyebab lain terjadinya kerisis air dimusim kemarau, lantaran tidak semuai daerah di daerah ini, dilayani fasilitas air bersih PDAM Tirta Singkil. Perusahan tersebut baru memasok kebutuhan bagi sebagain warga Singkil, Simpang Kanan dan beberapa wilayah lainnya. “Ke Singkil Utara sudah ada jaringan PDAM, tolong segera difungsikan. Sayang BRR sudah membangun kok, tak dimanfaatkan,” ujar Ruslan.(c39)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar